Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
UPBS BP2TP
KRPL
banner2
Tikus
Pengenalan Ayam KUB
e-Produk

Galeri Foto

Berita
Panen Pedet Kegiatan Pendampingan PSDS/K PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Suharno   
Senin, 29 September 2014 15:53

Dukungan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDS/K), BPTP Yogyakarta telah berhasil meningkatkan populasi ternak sapi melalui pendampingan di Kelompok Ngudimulyo, Wonolelo, Pleret, Bantul. Panen pedet dilakukan pada temu lapang Kamis (25/9) sebanyak 30 ekor pedet, sedangkan sampai akhir tahun 2014 akan bertambah lagi 10 pedet dengan jumlah indukan sapi betina sebanyak 72 ekor.  Awal pendampingan tahun 2012 sapi betina berjumlah 68 ekor dengan kelahiran pedet sebanyak 18 ekor, sedangkan tahun 2013, pedet yang lahir sejumlah 27 ekor dengan induk sapi betina 70 ekor.

Panen pedet dilakukan oleh Bupati Bantul diwakili oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan kabupaten Bantul, Ir. Yuni Setiawati dengan memberikan kalung pada pedet dengan bobot 30 kg. Dalam sambutannya Bupati Bantul menyampaikan bahwa pembangunan peternakan dari semua subsistem tidak boleh berjalan sendiri-sendiri apalagi berseberangan, tetapi harus merupakan satu kesatuan gerak dan kesatuan persepsi dalam rangka pengembangan wilayah dan kawasan yang saling mendukung dan saling mengisi. Peningkatan penyuluhan dan pendampingan kepada kelompok tani merupakan langkah nyata untuk meningkatkan inovasi dan penerapan teknologi tepat guna bidang peternakan.

Kepala BPTP Yogyakarta yang diwakili oleh Kasi KSPP Sinung Rustijarno, S.Pi, M.Si mengharapkan adanya inisiasi lelang ternak sapi  pada saat menjelang hari Idul Adha, pada kondisi harga cukup tinggi sehingga pendapatan perternak maupun kelompok meningkat. Lebih lanjut diungkapkan inovasi yang telah diterapkan oleh kelompok Ngudimulyo sebagai pelaksana kegiatan pendampingan PSDS/K dari kelompok lain maupun dinas dapat mendukung pengembangan dalam skala yang lebih luas.

Dalam laporannya Ketua Kelompok Ngudimulyo Widi Prawoto menyampaikan bahwa kelompoknya  telah mendapat pendampingan BPTP Yogyakarta sejak 2012 berupa penyediaan pakan hijauan dengan penanaman rumput unggul maupun leguminosa, selain itu telah dilakukan pula pendampingan pembuatan pakan dengan sumber pakan konsentrat berbahan pakan lokal, pendampingan pembuatan pupuk organik padat maupun pupuk  cair. Lebih lanjut Widi Prowoto menyampaikan bahwa Kelompok Ngudimulyo dalam rangka Open House dan Pekan Bakti Agroinovasi yang diselenggarakan BPTP Yogyakarta mendapatkan Juara I mewakili Kabupaten Bantul dalam Lomba Asah Trampil.

 
Lomba Inovasi Diversifikasi Pengolahan Bahan Pangan Lokal PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Dra. Tarfuah   
Kamis, 25 September 2014 13:31

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta  pada tanggal 22-24 September 2014 mengadakan acara Open House dan Pekan Bakti Agroinovasi dalam rangka memperingati hari ulang tahun Badan Litbang Pertanian ke-40. Untuk memeriahkan  event tersebut diadakan lomba “Inovasi Diversifikasi Pengolahan Bahan Pangan Lokal” yang diikuti  oleh perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) dari Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

Sebanyak 15 KWT mengikuti lomba tersebut dengan jumlah olahan pangan sebanyak 18 olahan. Peserta lomba merupakan perwakilan juara dari masing-masing kabupaten/kota yang diadakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan, sehingga olahan pangan yang disajikan sangat kreatif dan menarik. Masing-masing peserta lomba hadir dengan pendukungnya sehingga menambah semarak suasana dan meriah, mereka mengikuti dengan antusias sampai usai acara.

Juara lomba “Inovasi Diversifikasi Pengolahan Bahan Pangan Lokal” berturut turut sebagai Juara harapan III KWT Pelangi Kabupaten Sleman, Juara harapan II KWT Amarilis Kota Yogyakarta, Juara harapan I KWT Seruni Kabupaten Sleman, Juara III KWT Pawon Gendis, Kabupaten Kulon Progo, Juara II KWT Dewi Sri Kabupaten Gunung Kidul, Juara I KWT Rahayu Kabupaten Bantul. Masing-masing juara mendapat trophy dan sejumlah uang pembinaan dari panitia lomba yang disampaikan oleh Dr. Sudarmaji, Kepala BPTP Yogyakarta. Harapan ke depan, event ini dapat diagendakan secara rutin sehingga akselerasi diseminasi inovasi teknologi dibidang pangan lokal dapat berlangsung lebih cepat untuk mendorong meningkatkan wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan sikap petani dalam rangka mendukung program ekonomi kreatif.

LAST_UPDATED2
 
Asah Trampil Budidaya Sapi Potong PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Suharno   
Rabu, 24 September 2014 11:26

Lomba Asah Trampil Inovasi Teknologi Budidaya Sapi Potong menyemarakkan Open House dan Pekan Bakti Agroinovasi dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-40 Badan Penelitian dan Pengembangan  Pertanian. Acara ini diselenggarakan oleh BPTP Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pertanian DIY yang dilaksanakan pada hari Senin (22/9).

Lomba diikuti oleh lima peserta kelompok peternak dari Kabupaten Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Para pendukung masing-masing peserta lomba dari kelima kabupaten turut hadir mengikuti jalannya asah trampil dengan antusias dan memberikan semangat bagi peserta lomba sehingga suasana lomba berlangsung dengan meriah setelah pelaksanaan Pembukaan Open House dan Pekan Bakti Agroinovasi.

Juara Lomba Asah Trampil Inovasi Teknologi Budidaya Sapi Potong berturut turut sebagai Juara I peserta dari Kabupaten Bantul, diikuti Juara II dari Kabupaten Kulon Progo dan Juara III berasal Kabupaten Sleman. Sedangkan Juara Harapan I dari Kota Yogyakarta dilanjutkan Juara Harapan II dari Kabupaten Gunungkidul.

Masing-masing juara mendapat Trophy dan sejumlah uang pembinaan dari panitia lomba yang disampaikan oleh Dr. Sudarmaji Kepala BPTP Yogyakarta. Harapan ke depan, event ini dapat diagendakan secara rutin sehingga akselerasi diseminasi inovasi teknologi khususnya di bidang peternakan dapat berlangsung lebih cepat untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan sikap petani.

LAST_UPDATED2
 
Louncing Buku 100 Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi DIY PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Suharno   
Selasa, 23 September 2014 08:50

Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Dr. Bes Tiesnamurti Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perternakan Hari Senin (22/9) melauncing buku 100 Inovasi Teknologi Spesifik Lokasi DIY dan Sumber Daya Genetik (SDG) Tanaman Pekarangan DIY, dilanjutkan penyerahan buku kepada Kepala Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Dewan Riset Daerah & UPTD BPSDMP. Launching dilaksanakan pada saat pembukaan Open House dan Pekan Bakti Agroinovasi dalam rangka memperingati ulang tahun Badan Litbang Pertanian ke-40 yang dilaksanakan oleh BPTP Yogyakarta.

Buku 100 Inovasi Teknologi Spesifik Lokasi DIY menyajikan hasil pengkajian selama 10  tahun  sejak berdirinya BPTP Yogyakarta pada tahun 2001, yang berisi informasi teknologi pertanian meliputi bidang tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan pengolahan pupuk organik. Infornasi teknologi telah diseminasikan kepada stakeholder dan telah diadopsi oleh sebagian petani maupun pelaku agribisnis. Sedangkan buku SDG Tanaman Pekarangan DIY meliputi 9 kelompok tanaman berisi karakteristik dan diskripsi  222 jenis tanaman. Kelompok tanaman buah-buahan sejumlah 95 tanaman, kelompok kacang-kacangan sebanyak 10 tanaman, kelompok umbi-umbian 32 tanaman, kelompok tanaman obat sebanyak 23 tanaman, kelompok sayuran 13 tanaman, kelompok bunga sejumlah 6 tanaman, kelompok perkebunan sebanyak 14 tanaman, kelompok lainnya 29 tanaman serta peta penyebaran SDG Tanaman Peakaran di DIY menurut komoditas sebanyak 7 buah.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com