Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
KRPL
Tikus
UPBS BP2TP
banner2
e-Produk
Pengenalan Ayam KUB

Kalender Kegiatan

Download

Jenis informasi apa yang anda diperlukan melalui web site BPTP Yogyakarta:
 
Temu Usaha Tepung Pisang Dan Sale Goreng di Desa Trimurti Kec. Srandakan Kab. Bantul PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Kusnoto, S.Sos   
Senin, 04 Juni 2012 13:21
Dalam rangka pelaksanaan program diversifikasi dan ketahanan pangan, tepung pisang adalah salah satu pilihan untuk pengawetan pisang dalam bentuk olahan. Temu usaha tepung pisang dan sale pisang diselenggarakan di KWT “Sari Jaya” Dusun Puluhan Kidul, Desa Trimurti Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul pada hari Rabu, tanggal 23 Mei 2012. Peserta dan undangan yang hadir meliputi : Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul, BKP3 Kab. Bantul, Dinas Perindag, BPP Srandakan, Perangkat desa Trimurti, Bank Bantul, APOP Bantul, AMBOY Bantul, Kepala dan peneliti/penyuluh BPTP Yogyakarta dan anggota KTW serta kelompok tani di wilayah Desa Trimurti sebanyak 40 orang.

Dalam sambutannya Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Sudarmaji, MS menyampaikan temu usaha antara produsen dan calon pembeli dalam sistem agrobisnis sangat penting untuk dilakukan, di pihak produsen memperkenalkan produk dan pembeli melihat jenis dan kualitas produk untuk bersama-sama mencari peluang dan titik temu dalam jalinan pemasaran. Tepung pisang masih berpeluang untuk dikembangkan di Indonesia karena barang setengah jadi ini masih sangat diperlukan pada tahap pengolahan selanjutnya dan merupakan alternatif pilihan dalam proses pasca panen buah pisang yang diusahakan.

Penilaian dari APOP Bantul dan AMOY Bantul adalah kualitas produksi dan kemasan perlu ditingkatkan, kualitas dan kuantitas produksi perlu terus dijaga, dan promosi pemasaran harus sering dilakukan karena menurut hasil survey bahwa promosi memegang peranan penting dalam proses pemasaran, dimana memerlukan alokasi dana sekitar 30% dari ongkos total produksi. Diharapkan inovasi teknologi tepung dan sale pisang ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan anggota kelompok KWT “Sari Jaya” pada umumnya.
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com