Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Jenis informasi apa yang anda diperlukan melalui web site BPTP Yogyakarta:
 
Sinta
UPBS BP2TP
e-Produk
banner2
banner1
Pengenalan Ayam KUB
KRPL
Tikus

Download

Pelatihan Pembuatan Pakan Konsentrat Sapi Perah PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Ir.Endang Wisnu Wiranti,M.Sc   
Senin, 24 Oktober 2011 09:31
Kegiatan BPTP Yogyakarta dalam rangka pemulihan produktivitas ternak sapi perah yang terkena dampak sekunder erupsi Merapi tahun 2010 adalah Pengkajian Optimalisasi Pemulihan Produktivitas Ternak Sapi Perah akibat Dampak Sekunder Erupsi Merapi. Kamis 20 Oktober 2011, bertempat di Koperasi Susu Warga Mulyo, telah dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Pakan Konsentrat Sapi Perah yang merupakan rangkaian dari kegiatan pengkajian tersebut. Tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peternak dan pengelola unit PMT Koperasi Susu Warga Mulyo terutama dalam perbaikan, penyediaan, dan pengembangan pakan konsentrat yang berkualitas.

Acara pelatihan diawali dengan pengantar dari tim pengkaji BPTP Yogyakarta, Drh.Wiendarti I.W.,M.Si yang menjelaskan tentang implementasi kegiatan berupa pendampingan pengelolaan usaha ternak sapi perah pada peternak di dusun Boyong. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala BPTP Yogyakarta, Dr.Ir.Tri Sudaryono, MS. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa program pemulihan produktivitas ternak sapi perah harus segera dapat diwujudkan mengingat ternak sapi perah merupakan bagian kehidupan yang mampu menopang penghidupan masyarakat lereng Merapi Kabupaten Sleman. Beliau bersyukur bahwa kegiatan tersebut direspon positif oleh peternak dusun Boyong, dan Koperasi Susu Warga Mulyo. Diharapkan, kegiatan yang dilaksanakan BPTP Yogyakarta dapat memberikan sumbangsih kebangkitan agrobisnis usaha ternak sapi perah pasca erupsi Merapi.

Sebelum tiba pada acara inti yaitu praktek pembuatan pakan konsentrat, peserta pelatihan diberi pembekalan materi meliputi 1) Manfaat perbaikan pakan terhadap produktivitas sapi perah, yang disampaikan oleh Dr.Ir.Gunawan,MS; 2) Perbaikan pakan konsentrat sapi perah yang dilakukan unit PMT koperasi Warga Mulya, dan 3) pengarahan dari Dinas Pertanian Provinsi D.I.Yogyakarta kepada kelompok peternak dusun Boyong, dimana dalam rangka pemulihan produktivitas ternak sapi perah pasca erupsi Merapi peran pemerintah daerah Prov. D.I.Yogykarta melalui bantuan langsung permodalan dapat dikelola dengan baik dan professional. Pemerintah daerah mendorong agar inovasi teknologi yang diterapkan melalui pendampingan dapat dikembangkan lebih luas.

Untuk praktek pelatihan, peserta melihat secara langsung teknologi pembuatan pakan konsentrat sapi perah. Dimulai dari gudang bahan baku pakan yang tempatnya terpisah dengan tempat proses produksi. Di gudang ini, peserta memperoleh penjelasan tentang fungsi dan manfaat masing-masing bahan baku pakan terhadap produktivitas ternak sapi perah. Kemudian peserta diajak ke tempat proses produksi yang didalamnya terdapat berbagai mesin dalam sistem produksi pakan konsentrat antara lain : timbangan, penggiling hummer mill, vertical mixer. Semua mesin-mesin tersebut dikenalkan pada peternak sehingga peternak mengetahui bahwa pakan konsentrat yang diproduksi unit PMT Koperasi Susu Warga Mulya benar-benar diproduksi sesuai dengan standar operasional pabrik. Selanjutnya, peserta diajak untuk melihat proses pembuatan pakan konsentrat, adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Berbagai bahan baku pakan ditimbang terlebih dahulu, kemudian dicampur. Selanjutnya di hancurkan dan sekaligus disaring dengan menggunakan hummer mill . Setelah bahan dihancurkan dan disaring melalui sistem secara kontinyu dengan auger berbentuk spiral, bahan tersebut mengalir masuk ke dalam vertical mixer dengan kapasitas 1 – 1,5 ton dan selanjutnya dicampur sampai homogen selama kurang lebih setengah jam.
  2. Pasca pencampuran, bahan tersebut siap untuk dikemas ke dalam kantong plastik dengan kapasitas 50 kg/kantong. Konsentrat yang telah dikemas selanjutnya di gudangkan dan selanjutnya didistribusikan ke kelompok peternak untuk digunakan oleh anggota koperasi.
Dengan melihat secara langsung, diharapkan peternak mengetahui proses pembuatan pakan konsentrat yang dilakukan di pabrik pakan ternak Koperasi Susu Warga Mulya, sehingga akan memberikan kepercayaan peternak untuk menggunakannya. Selain itu diharapkan peternak dapat memahami bahwa pakan konsentrat yang murah belum tentu menjamin dalam peningkatan produktivitas, dengan kata lain pertimbangan pakan murah belum tentu lebih efisien dan belum tentu memberikan keuntungan.Oleh karena itu diperlukan pakan berkualitas yang dapat menjamin kegiatan usaha ternak sapi perah dan memberikan produktivitas yang lebih tinggi.
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com